Sabtu, 05 September 2015

Empat Hal Bikin Pemilih Datang ke TPS. Apa Saja?

BLORA, suaramerdeka.com - Penyebab pemilih tidak datang di TPS bukan sekedar karena faktor tidak mengetahui jadwal pelaksanaan Pemilu. Tapi ada penyebab lain. Dalam amatan peneliti Lembaga Penelitian dan Aplikasi Wacana (LPAW) Blora Ahmad Solikin, setidaknya ada empat faktor yang menyebabkan warga enggan datang ke TPS.

Pertama, karena keputusasaan pada pemimpin atau wakil yang mereka pilih pada pemilihan sebelumnya tidak bisa berbuat sesuai dengan harapanya. Kedua, adanya persepsi pemilih bahwa calon pemimpin yang saat ini berkompetisi tidak ada yang patut ditaruhkan harapan padanya. Ketiga, faktor ekonomi mempengaruhi pemilih yang enggan meninggalkan pekerjaanya karena mengurangi penghasilan sehari.
Keempat, pengaruh mentalitas pragmatis dan hilangnya tradisi tepo seliro mengakibatkan pemilih tidak mau datang ke TPS kalau tidak ada ganti ruginya. “Dengan demikian, kita tidak bijak kalau hanya membebankan persoalan partisipasi pemilih pada institusi penyelenggara Pilkada,” ujar Solikin, Sabtu (5/9).
Adsense Indonesia
Meski begitu, kata Solikin, KPU Blora tetap mempunyai pekerjaan rumah merangkul semua steakholder untuk bersama-sama menanamkan handarbeni terhadap pelaksanaan Pilkada. Sehingga, persoalan kualitas pilkada yang dipengaruhi tingginya partisipasi pemilih adalah tugas bersama yang harus dilakukan.
Solikin menyatakan, sosialisasi jadwal pelaksanaan pilkada adalah tugas teknis yang bisa diselesaikan penyelenggara. Sedangkan tiga persoalan yang tersisa sangat tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri oleh KPU dan Panwas bersama jajaranya. “Semua steakholder harus berkontribusi untuk memecahkan persoalan tersebut,” katanya.



Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/
=================================================
Baca Berita Berita Lainya :


Baca artikel artikel menarik lainya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar