Kamis, 20 Agustus 2015

Rangkuman Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0

Rangkuman Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0

Panduan singkat ini menjelaskan tahapan mengoperasikan aplikasi dapodikdas secara garis besar,
untuk lebih detil dan lengkap baca manual aplikasi dapodik versi 4.0.0. Tahapan ini dibuat untuk
memandu dan memudahkan operator sekolah dalam mengupdate data di tahun ajaran 2015-2016
dari data awal tahun ajaran sebelumnya

Diagram alir tahapan:




Ketentuan awal :









1. Kode registrasi masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, pastikan koderegistrasi ini
    bersifat rahasia, unik dan tidak diketahui oleh orang-orang yang tidak berkepentingan
2. Jika koderegistrasi ini bocor/ DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN YANG TIDAK
    BERTANGGUNGJAWAB hubungi dinas pendidikan setempat untuk dilakukan reset ulang
    koderegistrasi. Dampak dari reset koderegistrasi akan mencegah pengiriman data dari
    koderegistrasi lama.
3. Sebelum insstal versi 4.00 harus dilakukan unistalasi aplikasi versi sebelumnya (3.03)
4. Prosedur instalasi dan generate ulang prefill sama dengan aplikasi sebelumnya.
5. Pastikan 1 sekolah hanya terinstal di 1 komputer, namun 1 komputer dapat digunakan lebih
    dari 1 sekolah dengan menggunakan kode registrasi yang berbeda (mengakomodir sekolah
    yang tidak memiliki computer).
6. Selalu memeriksa web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk menjamin kesesuaian data di
    lokal aplikasi dengan di data yang diterima di server KEMDIKBUD.
7. Pastikan data = fakta tanpa ada rekayasa, selalu memutakhirkan data sesuai dengan
    dinamika data yang ada di sekolah.
8. jika berpindah-pindah computer lakukan Siklus generate sync -ulang prefill. Prefill lama akan
    hilang dengan sendirinya setelah di registrasi (jangan dikoleksi/disimpan)
9. Validasi di aplikasi tidak mencegah sinkronisasi , namun pastikan validasi = 0 untuk
    menjamin kualitas data sekolah anda lengkap, benar, mutakhir dan shahih.
10. Koneksi internet hanya dibutuhkan saat melakukan sinkronisasi,
11. Manfaatkan prosedur tambah peserta didik secara ONLINE (baca penjelasan) agar
    memudahkan operator bekerja secara efektif dan efisien (tidak input ulang dari awal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar